• 1 Hari - 0 Pembicara

    Pendidikan Penguatan Karakter: Bimbingan Konseling dan Pendidikan Nilai untuk Guru Kelas

    • Virtual Zoom
    • 18 November 2024 pkl. 13:00 - 15:30
    Dimulai dalam:

DAFTARKAN DIRI ANDA

Pendidikan Penguatan Karakter: Bimbingan Konseling dan Pendidikan Nilai untuk Guru Kelas

Di era globalisasi saat ini, pendidikan tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga perlu membangun karakter dan nilai moral yang kuat pada siswa. Tantangan dalam kehidupan modern, seperti pengaruh media sosial, budaya global, serta perubahan sosial yang cepat, membuat pendidikan karakter menjadi kebutuhan mendesak. Pendidikan karakter dan bimbingan konseling berperan penting dalam mempersiapkan generasi muda yang beretika, memiliki integritas, dan mampu menghadapi berbagai tantangan hidup. Guru kelas memiliki posisi yang strategis untuk mengimplementasikan pendidikan karakter, karena mereka berinteraksi langsung dengan siswa sehari-hari. Oleh karena itu, webinar ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas guru dalam memberikan bimbingan konseling dan pendidikan nilai yang efektif.

Tujuan
1. Meningkatkan pemahaman guru tentang pentingnya pendidikan karakter di sekolah.
Membekali guru dengan keterampilan dasar dalam bimbingan konseling untuk membantu siswa mengatasi masalah pribadi dan sosial.
2. Mendorong guru untuk mengintegrasikan nilai-nilai moral dan etika dalam kurikulum pembelajaran.
Mengembangkan strategi pengajaran yang berfokus pada penguatan karakter dan pembentukan nilai positif.
3. Membangun kesadaran akan tantangan dan solusi dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah.

Manfaat
1. Bagi Guru: Memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis dalam pendidikan karakter dan bimbingan konseling yang dapat diterapkan dalam kelas.
2. Bagi Siswa: Mendapatkan lingkungan pembelajaran yang mendukung pengembangan karakter, sehingga mampu menjadi pribadi yang bertanggung jawab, jujur, dan berempati.
3. Bagi Sekolah: Menghasilkan budaya sekolah yang mendukung pendidikan karakter, meningkatkan citra positif sekolah, serta memperkuat hubungan antara sekolah dan keluarga dalam mendidik siswa.
4. Bagi Masyarakat: Meningkatkan kualitas generasi muda yang berintegritas dan memiliki nilai moral yang baik, sehingga mampu berkontribusi secara positif bagi masyarakat.

Capaian Akhir yang Diharapkan
1. Guru memiliki pemahaman yang mendalam mengenai konsep pendidikan karakter dan bimbingan konseling serta mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran.
2. Terbentuknya budaya pembelajaran yang mendukung pengembangan nilai-nilai positif pada siswa, seperti kejujuran, disiplin, empati, dan tanggung jawab.
3. Adanya rencana atau modul pengajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter dan nilai moral di kelas.
4. Peningkatan kemampuan guru dalam menghadapi tantangan sosial dan emosional siswa serta menjadi teladan positif bagi mereka.
5. Tercapainya sinergi antara guru, sekolah, dan orang tua dalam memupuk karakter yang baik pada siswa, sehingga berdampak pada pembentukan generasi yang beretika dan berakhlak mulia.


Pembicara Pakar


Seri Webinar

Pendidikan Penguatan Karakter: Bimbingan Konseling dan Pendidikan Nilai untuk Guru Kelas


Berita Terbaru

Selengkapnya

Bimtek TNI AD Mengajar: MEMBUAT CERITA, POSTER, DAN KAMPANYE TUJUH KEBIASAAN  ANAK INDONESIA HEBAT

Pemandangan spesial tampak pada salah satu kelas yang tak ditemukan di sekolah pada umumnya. Tampak sejumlah kendaraan tempur lapis baja produksi Pindad yang tengah viral: Anoa. Sejumlah Anoa parkir d...

Modul Literasi dan Numerasi - ECOBRICK: KALAHKAN PLASTIK

Dalam modul ini, terdapat empat modul terkait GCED yang memperkuat kompetensi literasi dan numerasi berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) yang ditulis oleh guru-guru terpilih, ...

Bimtek TNI AD Mengajar : BUTUH KETERAMPILAN MENJELASKAN, VARIASI, DAN MEDIA PEMBELAJARAN

Suasana kelas yang satu ini sangat berbeda. Gemuruh suara dari 30 “siswa” menyerukan yel-yel penyemangat saat membuka kelas pada jam pertama pukul 7.30. Sejurus kemudian, sang pengajar, Ka...

Bimbingan Teknis TNI AD Mengajar di Daerah 3T

WAMENDIKDASMEN: DENGAN KEHADIRAN PRAJURIT TNI AD SEMANGAT BELAJAR SISWA SANGAT BAIK    Belum lama ini, perwakilan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mendapatkan kesempatan me...

Microcredential STEM: Strategi Guru Menghadapi Perubahan Iklim dan Tantangan Global Keberlanjutan Lingkungan

Bogor, 2024 – Dalam upaya memperkuat kompetensi guru pendidikan dasar (SD dan SMP) di bidang pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM), Direktorat Jenderal G...

40 Guru Pendidikan Dasar Mengikuti Beasiswa Microcredential STEM : Climate Change & Environmental Sustainability

Jakarta, 2024 – Sebanyak 40 guru terdiri dari 20 guru sekolah dasar (SD) dan 20 guru sekolah menengah pertama (SMP) dari berbagai wilayah di Indonesia mendapatkan kesempatan emas untuk mengikuti...