Pentingnya Pembelajaran Tematis Terpadu pada Calistung
PG Dikdas – Kemampuan membaca, menulis, dan berhitung merupakan kemampuan dasar yang harus ditanamkan pada setiap jenjang pendidikan. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 4 ayat 5 dijelaskan bahwa salah satu prinsip dalam penyelenggaraan pendidikan adalah mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat. Implementasi Kurikulum 2013 diharapkan dapat menghasilkan insan yang kreatif, produktif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sejalan dengan berlakunya Kurikulum 2013, maka kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) harus menjadi penekanan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.
Sekolah Dasar sebagai tahapan pertama dalam pendidikan dasar merupakan jenjang yang paling mendasar dan memegang peranan sangat penting karena sebagai dasar yang mempengaruhi keberhasilan pada jenjang berikutnya. Oleh karena itu, peningkatan terhadap tiga kemampuan dasar, yaitu membaca, menulis, dan berhitung berperan sangat penting dalam meletakkan dasar untuk pencapaian hasil belajar yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif. Hal ini yang mendorong pentingnya peningkatan pada kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika di Sekolah Dasar secara tematis terpadu dalam membelajarkan kemampuan calistung.