GTK Dikdas - Dalam webinar Guru Berbagi: Membuat RPP Merencanakan dan Mengkreaskan Pembelajaran, Rabu (31/3/2021), Devi Mariyatul Ystykomah sebagai narasumber membagikan langkah-langkah hebat dalam merancang RPP Merdeka Belajar.
Ia menyebutkan ada 5 (lima) langkah dalam merancang RPP Merdeka Belajar.
"Yang pertama adalah pahami profil murid. Penting bagi guru memahami siswanya agar bisa membuat tujuan pembelajaran yang realistis dan pengalaman belajar yang bisa melibatkan murid," ucapnya.
Tidak hanya itu, langkah kedua adalah tentang menentukan tujuan belajar.
"Tujuan pembelajaran merupakan arah yang ingin dituju dari keseluruhan rangkaian aktivitas pembelajaran. Disini kita sudah memahami bersama bahwa menyusun tujuan pembelajaran mengacu pada kompetensi dasar. Serta memperhatikan indikator pencapaian kompetensi," ungkapnya.
"Menyusun tujuan pembelajaran yang baik dan lengkap cukup penting agar bisa memberi petunjuk dalam pemilihan materi ajar, strategi, model, metode, serta media yang akan digunakan dalam KBM," tambahnya.
Devi mengungkapkan bahwa langkah ketiga dan keempat berkaitan dengan asesmen. Langkah ketiga adalah bagaimana memilih strategi asesmen yang sesuai dengan profil murid dan tujuan belajar. Setelahnya, pilihlah strategi pembelajaran yang mempersiapkan murid untuk mampu mencapai tujuan belajar.
"Karena setiap murid unik dan beragam tentu memiliki tujuan belajarnya masing-masing. Tujuan belajar ini akan mengarah atau berlanjut kepada pemilihan asesmen nantinya. Lalu pilih strategi asesmen yang sesuai dengan profil murid dan tujuan belajar setelahnya strategi pembelajaran apa yang dipersiapkan untuk mencapai tujuan belajar. Dan terakhir adalah cakupan belajar," ungkapnya.
Ia mengungkapkan bahwa kelima langkah ini merupakan rangkaian yang harus dilalui untuk mendapatkan RPP yang baik.